Total Tayangan Laman

Rabu, 09 November 2011

Pengantar Filsafat

Kembali bersama saya dalam ilmu paling memusingkan sejaga raya.. FILSAFAT.. -.-

Pengertian filsafat secara etimologis : berasal dari bahasa Yunani. Philia artinya cinta, sofos artinya kebijaksanaan. jadinya filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan.
Pengertian filsafat secara historis, menurut Phytagoras, ilmu yang paling pertama ada adalah filsafat.

Alasan"kita belajar filsafat : karena keheranan, karena kesangsian, dan kesadaran akan keterbatasan.

Filsafat sebagai pandangan hidup artinya, filsafat dijadikan dasar dalam segala tingkah laku manusia dan dalam menyelesaikan tiap persoalan.

Filsafat sebagai ilmu, memiliki 4 unsur yakni :
Berobjek : objek formalnya adalah segala sudut pandang untuk mencapai hakikat dari objek material. objek materialnya adalah, segala sesuatu yang ada dalam kenyataan,pikiran, dan kemungkinan.
Bermetode : memiliki 3 metode yakni : metode kritis, dengan mengajukan pertanyaan terus- menerus, metode intuitif yakni menggunakan simbol- simbol, metode analisis abstraksi yakni menganalisa dengan berangan- angan hingga sampai pada hakekat tertentu.
Sistematis: unsur dalam filsafat berikatan satu sama lain yang tidak bisa dipisahkan.
Universal : bersifat umum yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Secara simpul, filsafat sebagai ilmu adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu secara mendalam hingga mencapai hakikat atau esensi.

Ciri filsafat :
- bersifat menyeluruh / luas.
- bersifat mendasar, pemikiran yang dalam hingga mencapai hakekat.
- spekulatif, dapat dijadikan dasar untuk pemikiran selanjutya.
- deskriptif, menjelaskan aspek yang ada secara terperinci
- Analitik, menganalisa tiap pengertian yang ada
- Evaluatik, untuk menetapkan norma yang dijadikan pandangan hidup manusia.
- Spekulatif
- Sistematik, unsur" filsafat dapat dilihat dengan jelas perbedaannya dan mereka tidak berdiri sendiri.

Kedudukan filsafat adalah sebagai landasan fundamental tiap cabang ilmu, karena semua ilmu bila mengalami masalah makan pasti akan kembali pada filsafat.

Fungsi filsafat ada 2 yakni fungsi teoritis dan praktis. fungsi teoritisnya adalah untuk menambah pengetahuan manusia. fungsi praktisnya adalah untuk mendorong manusia berpikir logis, dan untuk membangun kehidupan manusia. artinya menjaga keharmonisan kehidupan antar manusia.

Cabang- cabang filsafat ada 7 :
- Metafisika. cabang yang mempelajari tentang prinsip"pertama filsafat. disebut juga ilmu tentang hal ada, meliputi yang brsifat mutlak, tidak mutlak, dan yang ada dalam kemungkinan. Metafisika dibagi menjadi 2 yakni ontologis dan kosmologis. ontologis adalah teori tentang sifat dasar dan ragam kenyataan. kosmologis adalah teori tentang proses kenyataan.
- Epistemologi adalah cabang filsafat yang membicarakan tentang ilmu pengetahuan.
- Metodologi adalah cabang filsafat yang membicarakan tentang cara memperoleh ilmu pengetahuan baik metode yang ilmiah maupun non ilmiah.
- Logika, adalah ilmu tentang berpikir. filsafat logika adalah cabang ilmu yang membicarakan tentang penyimpulan, atau penalaran untuk memperoleh kebenaran.
- Etika, adalah cabang filsafat yang membicarakan tentang tingkah laku manusia secara sadar dilihat dari sudut baik ataupun buruk.
- Estetika, adalah cabang filsafat yang membicarakan tentang nilai yang indah dan tidak indah.
- Sejarah filsafat, cerita yang benar mengenai perkembangan filsafat dari awal hingga sekarang.

Filsafat Khusus : Filsafat seni, kebudayaan, pendidikan, sejarah, politik, agama, hukum, sosial, bahasa, budi, nilai.

Aliran- aliran filsafat ada 7 : idealisme, materialisme, positifisme, pragmatisme, rasionalisme, realisme, eksistensialisme.
- Idealisme adalah aliran filsafat yang menyatakan bahwa nilai spritual merupakan sumber dari semua hal yang ada di dunia ini. menekankan pada ide.
- Materialisme adalah aliran yang menitikberatkan pada materi, sedangkan ide ada di kedudukan ke2 bahkan tidak memiliki kedudukan.
- Positifisme adalah aliran yang menekankan pada peryataan positif daripada negatif.
- Pragmatisme adalah aliran yang menekankan pada praktek.
- Rasionalisme adalah aliran yang menyatakan bahwa akal pikiran adalah sumber untuk mengetahui segala sesuatu. akal pikiran yang menuntun manusia kepada kebenaran.
- Realisme adalah aliran yang menyatakan bahwa berpikir itu adalah mengenai segala sesatu yang nampak.
- Eksistensialisme adalah aliran yang menyatakan bahwa diri sendiri merupakan realitas yang absolut. Manusia merupakan titik pusat perhatian eksistensialisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar