Total Tayangan Laman

Senin, 07 November 2011

Pendidikan Pancasila

huaaahhhh,,, hampir aja aku mau pasrah buat gak belajar pendidikan pancasila.. habis kepala pusing banget nih, kayanya akibat kemaren tidur subuh deh habis nonton miss world..huhuu..
okee now its to focus for a while, sblm aku nonton heechul oppaq..hahahahaha :P

Landasan kita belajar pendidikan Pancasila:
1. landasan historis : mengatakan bahwa sesungguhnya nilai pancasila telah ada dan berkembang di dalam masyarakat sejak dulu.
2. landasan kultural : landasan ini merupakan implementasi dari nilai- nilai pancasila, seperti budaya perkawinan.
3. landasan yuridis : berdasarkan undang- undang yang ada, dinyatakan bahwa pancasila adalah mata kuliah pembentuk kepribadian.
4. landasan filosofis : kita diharapkan dapat benar" memahami nilai- nilai pancasila tersebut.

Tujuan kita belajar pendidikan Pancasila :
1. membentuk karakter yang bertanggung jawab.
2. mengenali permasalahan sekitar dan dapat memecahkannya.
3. dapat memaknai peristiwa sejarah.

Pembahasan pancasila secara ilmiah meliputi aspek:
1. berobjek. objek formal pancasila adalah filosofis, sedangkan objek materialnya adalah nilai" yang konkret seperti adat, kebudayaan, dan agama.
2. bermetode : analitiko sintesis
3. sistematis : mengutamakan pada proses
4. bersifat universal : kebenaran yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Pengertian Pancasila
a. pengertian pancasila secara epistemologis : pancasila berasal dari kata 'panca' dan 'sila' yang artinya pancasila adalah lima dasar.
b. pengertian pancasila secara historis : sejak sidang bpupki pertama pada tanggal 29 mei sampai dengan terciptanya piagam jakarta tanggal 22 juni 1945, pancasila telah beberapa kali mengalami perubahan substansi dari segi kata", namun pada dasarnya nilai yang terkandung di dalamnya tidak jauh berubah. seperti nilai Ketuhanan, kemanusian, persatuan,kerakyatan, dan keadilan sosial.
c. pengertian pancasila secara terminologis : ada 3 termin waktu yakni, pada jaman RIS, lalu UUDS 1950, hingga sampai pada pancasila yang tersebar dalam masyarakat luas. pada dasarnya isinya sama seperti pada masa sebelumnya, namun perbedaanya terdapat sila kedaulatan rakyat pada sila ke4 di termin pancasila yang tersebar di kalangan masyarakat luas.

Sejarah Perkembangan Pancasila
1. pada jaman kerajaan kutai, pada jaman ini nilai- nilai yang berkembang pada awalnya adalah nilai sosial politik dan nilai ketuhanan.
2. pada jaman kerajaan sriwijaya, sriwijaya adalah kerajaan besar dengan kekuatan maritim yang sangat kuat. nilai yang ada pada jaman ini adalah agama dan kebudayaan. terbukti karena agama budha berkembang dengan luas di kerajaan sriwijaya.
3. kerajaan sebelum kerajaan majapahit, terdapat kerajaan airlangga. dimana raja Airlangga telah melakukan transaksi perdagangan dengan para pedagang. maka tumbuhlah nilai- nilai kemanusiaan pada jaman ini. selain itu raja Airlangga juga memerintahkan untuk membuat waduk yang bertujuan untuk menyejahterakan rakyat. hal ini sesuai dengan sila kelima.
4. kerajaan majapahit : nilai yang muncul dari kerajaan ini adalah nilai nasionalisme, kita dapat memgingat sumpah gajah mada yang ingin mempersatukan seluruh nusantara. selain itu majapahit juga menggunakan sistem musyawarah mufakat sebagai sistem pemerintahan.
5. jaman penjajahan : awalnya rakyat indonesia senang dengan kedatangan orang asing ke indonesia, namun lama kelamaan sikap bangsa asing mulai sewenang- wenang hingga timbullah perlawanan rakyat yang merasa diperlakukan  tidak adil oleh bangsa asing.
6. kebangkitan nasional : pada tanggal 20 mei 1908 yang ditandai dengan berdirinya budi Utomo yang mempelopori gerakan pemuda untuk berjuang melawan penjajah, namun perjuangan masih bersifat kedaerahan hingga sulit untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia.
7. penjajahan Jepang : jepang sempat berjanji akan memberikan hadiah kemerdekaan pada Indonesia, akhirnya dibentuklah badan yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan indonesia yakni BPUPKI.
8. proklamasi kemerdekaan RI dan sidang PPKI : prokalamasi dilakukan pada tanggal 17 agustus 1945, dimana dibacakan teks proklamasi di depan segenap rakyat Indonesia. selanjutnya PPKI mengadakan beberapa kali sidang yang menghasilkan para pemimpin negara, wilayah indonesia, dan dasar negara.
9. masa sesudah kemerdekaan, masih ada pihak yang masih belum rela akan kemerdekaan indonesia, sehingga masih ada tentara sekutu yang berniat untuk merebut kembali kedaulatan Indonesia. namun dengan segala bentuk perjuangan, maka indonesia masih bisa mempertahankan kedaulatannya.
10. masa RIS : dimana pada masa ini Indonesia menjadi berbentuk negara federal dengan sistem demokrasi liberal.
11. masa NKRI tahun 1950 : Indonesia kembali berubaha menjadi negara kesatuan.
12. masa dekrit presiden 1959 : dekrit adalah putusan organ tertinggi yang merupakan penjelmaan kehendak yang sifatnya sepihak. isi dari dekrit 5 juli 1959 adalah : pembubaran konstituante, kembali pada UUD 1945 dan meninggalkan UUDS 1950, membentuk MPRS dan DPAS dalam tempo sesingkat- singkatnya.
13. masa orde baru : dituntut adanya pelaksanaan pancasila secara murni dan konsekuen. masa orde baru ditandai dengan lenyapnya pemberontakan G30SPKI. dalam orde baru dikenal istilah tritura yang isinya : bubarkan PKI beserta ormas"nya, pembersihan kabinet dari unsur G30SPKI, penurunan harga.

Pancasila sebagai sistem filsafat
1. kesatuan sila pancasila yang bersifat organis : artinya sila pancasila tidak bisa berdiri sendiri. memiliki keterkaitan.
2. kesatuan sila pancasila digambarkan berbentuk piramid : dimana sila yang paling kecil memiliki cakupan yang paling luas.
 
dasar pancasila sebagai suatu sistem filsafat adalah : dasar antropologis, dasar epistemologis, dasar aksiologis.

Asal Mula Pancasila
1. asal mula secara langsung, terbagi menjadi empat yakni :
a. asal mula bahan : semua nilai pancasila telah ada dalam masyarakat sejak dulu.
b. asal mula bentuk : pancasila dibentuk oleh BPUPKI
c. asal mula karya : PPKI berperan menjadikan pancasila sebagai dasar negara
d. asal mula tujuan : PPKI adalah tindak lanjut dari BPUPKI.

2. asal mula secara tidak langsung:
a. nilai pancasila telah ada dalam masyarakat sebelum negara terbentuk.
b. nilai pancasila adalah pandangan hidup masyarakat sebelum negara terbentuk.
c. secara tidak langsung, bangsa indonesia adalah kausa materialis.

Kedudukan dan Fungsi Pancasila
1. sebagai pandangan hidup : nilai pancasila telah dipercaya sejak jaman nenek moyang. siapa yang melakukan nilai- nilai pancasila maka akan mengubah hidupnya.
2. sebagai dasar negara : pancasila adalah sumber tertib hukum tertinggi di Indonesia. batang tubuh dan penjelasan UUD merupakan penjabaran dari nilai- nilai pancasila.
3. sebagai ideologi : ideologi kita adalah ideologi asli karena nilainya telah ada dalam masyarakat. pancasila bukanlah ide perseorangan yang dibuat untuk tujuan golongan tertentu melainkan semua lapisan.

Pengertian ideologi : ideologi adalah sekumpulan ide,gagasan, keyakinan yang bertujuan untuk mengarahkan manusia. ideologi merupakan hasil perenungan positif untuk membawa kehidupan masyarakat bangsa dan negara kearah yang lebih baik yakni masyarakat adil dan makmur.

Perbandingan ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya :
Ideologi liberal : dimana kebebasan individu dalam mengemukakan pendapat sangat diutamakan. pemerintahan dijalankan sesuai kehendak yang diperintah.
Ideologi komunis : tidak mengakui adanya persamaan manusia, menggunakan perasaan daripada pikiran.
Ideologi Pancasila : bersifat terbuka ( tidak kaku ). dapat memberikan harapan pada pengikutnya, nilainya dijabarkan dalam norma kenegaraan, norma kenegaraan lalu dilaksanakan secara nyata.

Hubungan UUD 1945 dengan batang tubuh UUD 1945 : batang tubuh UUD 1945 merupakan penjabaran dari pembukaan UUD 1945.
Hubungan UUD 1945 dengan Pancasila : pancasila sesungguhnya terkandung dalam pembukaan UUD 1945, artinya Pancasila yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke4 merupakan sumber tertib hukum tertinggi di Indonesia.

haddohh... capek.. waktunya bbo :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar