Total Tayangan Laman

Sabtu, 12 Juli 2014

MY NOTES: PALESTINE AND ISRAEL

Hey before I started this post, I really would like to talk about what everybody around the world talk lately.

It’s about Palestine and Israel. Aku taunya ada attack itu dari statusnya Riska di Line, I was like, what happen?

Trus besoknya, it’s been everywhere. Semua media memberitakan tentang itu, kasian banget liat anak- anak yang jadi korban, duduh.. ga tega, inget ponakanku yang masih umur segitu trus lagi unyu unyunya..

Trus ada juga bayi yang luka, my God!! Inget adek Nathan yang baru lahir, I can’t bear to cry T.T

Menurut ilmu yang udah aku pelajari, cieh, it called hukum humaniter, dan menurut pemahamanku, it’s definitely NOT A WAR. Everybody keeps saying it’s a war, it’s not.

It’s an aggression. Atau crime against humanity, that’s how I see it.

Kenapah? Karena, menurut pemahaman yang udah aku dapet, perang itu ada aturannya. Ada persetujuan antara kedua belah pihak bahwa, “ hey, let’s war. Who wins, will get this and that..”

Dan perang jelas ada aturan yang engga boleh sama sekali dilanggar oleh kedua belah pihak, berkenaan dengan target target apa yang tidak boleh diserang. Kaya rumah ibadah, rumah sakit, dan public facility lainnya.

And if u called it “A WAR” u must EVACUATE THE CIVILIANS FIRST.

Which is both side didn’t do. Itu kenapa dunia mengecam keras aksinya. Karena menurut konvensi Jenewa yang mengatur mengenai hal itu, civilians adalah pihak yang paling pertama harus “disingkirkan” dari perang.

Mestinya kedua wilayah itu dikosongkan dulu, udah gitu, baru deh habis- habisan..hehe..

So that’s why in my point of view, kurang tepat rasanya kalo aksi saling serang antara Israel dan Palestina itu disebut perang.

Let’s get thing straight and called it an aggression, attack, or crime against humanity from now on..hehe..
****
Aku nonton Indonesia Morning Show dua hari lalu, ada segmen live report dari Palestina. Dan disaat wartawan itu menyampaikan laporan, you know what?

Ada bom!!!

Huhuhuhu.. aku yang nonton via tv sambil selimutan aja langsung dag dig dug jantungku.. bayangin gimana mereka yang tiap 10 menit sekali denger ledakan gitu..

I was wondering if I was there, aku akan bersyukur tiap saat malam datang, karena artinya  untuk satu hari lagi, aku masih punya kesempatan untuk hidup..

Sad isn’t it :’)

Setelah dua hari semenjak berita ini naik, aku sampai pada titik penasaran kenapa attack ini sampe kejadian. Banyak orang yang hanya mengekspos keadaan di Palestina, sehingga sulit buatku menemukan berita yang menyampaikan tentang alasan Israel melakukan serangan bertubi- tubi ke Palestina.

Ps: This is a very sensitive issue, think clearly before u read this post further..

Dan aku buka facebook, maunya sih liat udah ada posting foto semworknas apa belum, hehe..

Ternyata belum ada, akhirnya iseng aja cek recent update di facebook. Dan ada salah satu gambar yang menarik perhatian, gambar animasi yang dibuat kaya komik, ada alurnya.

Kotak pertama adalah gambar yang menceritakan bahwa Hamas (Militan Palestina) menyerang Israel dengan roket.

Kotak kedua sampai kotak ke empat juga gitu gambarnya, sama..

Di kotak kelima, baru gambarnya berbalik, Israel yang gentian ngirim roket ke Palestina.

Dan di kotak keenam baru ada gambar wartawan yang bilang, “ Israel attack Gaza today”

Bhakakakakak,, ya aku engga tau sih bener ato enggak, aku juga engga mau mempengaruhi pihak manapun untuk membenarkan atau menyalahkan pihak manapun.

It’s just my point of view, peace :D

Tapi setelah melihat gambar itu, aku mikir, bener juga sih, I mean, Israel engga mungkin attacking tanpa alasan yang jelas..

Misalnya karena alasan, engga sengaja karena tombol “luncurkan roket” kepencet

Atau alasan lain yang engga kuat.. pasti ada alasannya..

Inilah yang aku coba cari tau di tempat lain, aku belum sempet buka BBC ato situs online terpercaya lainnya, aku Cuma sempet buka youtube (say: what?? You tube?)

Mudah- mudahan reliable, hehe..

Dan aku sempet nemuin kaya rekaman suara perdana menteri Israel, siapa ya namanya, Benyamin siapa gituu..

Dia menyatakan hal yang yah, I don’t know what to called it, pembelaan diri? Maybe?

Tapi harus dipikirkan dengan matang dan jernih apa bener situasi itu supaya engga berat sebelah.

Dia bilang kalo engga akan melakukan gencatan senjata dengan Palestina (wow, this is bad), dia akan terus melindungi kepentingan rakyat Israel, dan menyatakan siap untuk menanggapi setiap serangan yang dilakukan oleh Hamas.. (wow, this is worse)..

Dan ada beberapa alasan yang dia bilang kenapa sampai dilakukan serangan ini. pertama, karena ada penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel yang diduga di klaim dilakukan oleh Hamas.

Dan remaja itu ditemukan tewas oleh tentara Israel tiga minggu kemudian,

Israel, kalo aku engga salah, melakukan aksi pembalasan dengan menculik seorang remaja palestina juga,

Aku engga tau apakah remaja itu masih hidup atau enggak..

Lalu mengenai serangan roket, perdana menteri Israel mengatakan dengan lantang, jelas, dan nada tinggi, bahwa Hamas lah yang lebih dulu meluncurkan 18 roket ke Israel.

Menanggapi serangan tersebut, Israel meluncurkan 34 Roket ke Gaza.

Tapi, kata perdana menteri, media massa mengatakan sebaliknya. Bahwa kami (Israel) yang lebih dulu mengirimkan 34 roket ke Gaza barulah Hamas yang membalas kami dengan 18 roket..

Hmm… now it’s a bit clear to me.. but I’m not say it’s true or not..

Perdana menteri dengan jelas mengatakan di rekaman itu bahwa serangan ke Gaza merupakan “Response” yang dilakukan Israel.

Well, dalam hukum internasional, setiap negara memiliki hak untuk melakukan self defense memang apabila dirinya diserang LEBIH DULU..

Garis bawah, garis miring, cetak tebal.. lebih dulu..

So, logikanya tidak akan ada pembelaan diri, kalo engga ada serangan lebih dulu. Serangan yang tidak disertai adanya serangan lain dari pihak sebelah lebih dulu yang dinamakan ATTACK, kalo uda ada serangan lebih dulu baru namanya SELF DEFENCE.

Jadi kita harus tau dulu siapa yang melakukan attack, dan siapa yang melakukan self defence supaya bisa menilai masalah dengan bijak.. ketimbang hanya membela salah satu pihak tanpa ada dasarnya..

Dan kalo mau ngomongin itu, pasti susah nemunya, secara ini keributan udah dimulai 70 taun yang lalu, mau nanya ke siapa untuk tau siapa yang mulai duluan? Hehe..
****
Menurutku, kenapa dunia lebih “berpihak” pada palestina, spertinya karena Palestina terlihat lebih lemah dan terlihat lebih parah kerusakannya.

Aku sempet ngeliat keadaan Israel, and it’s much more better than Palestine, masih ada jalan tol, terakhir yang kena Cuma SPBU.. meskipun ada juga korban jiwa yang warga sipil.

Yang lebih kuat mungkin cenderung dipersalahkan sih ya, mungkin prinsipnya sama kaya kakak adik dalam keluarga..

Kakak harus ngalah sama adik, tapi kalo adikku ngambil pacarku? Masak aku harus diem aja?

Lah mungkin sama kaya Israel yang notabene terlihat lebih kuat dan stabil dibanding palestina. Israel seharusnya bisa “mengalah”

Tapi kalo negaranya diserang pake roket? Masa dia harus diem aja?

Ini nih masalahnya dari dulu.. masalah “ masa aku harus diem aja?” yang bikin 70 tahun pun engga cukup..

Dari berita yang aku denger, sistem pertahanan Palestina kalah jauh dari Israel.

Palestina ga punya alarm untuk mengingatkan warga bahwa akan ada serangan, sedangkan Israel punya..

Israel punya Iron Dome, sedangkan palestina enggak.. mereka enggak punya dinding pertahanan apapun untuk menghadang roket..

Iron dome kalo boleh aku analogikan, cara kerjanya seperti asteroid yang mau masuk ke bumi.

Roket adalah asteroid, bumi adalah Israel (analogi)..

Dan iron dome adalah atmosfernya..

Asteroid yang mau masuk ke bumi akan terbakar lebih dulu di atmosfer, sehingga ada kemungkinan asteroid itu sudah hancur dan habis sebelum masuk ke bumi.

Begitulah cara kerja iron dome, kalo ada roket yang diarahkan ke Israel yang berpenduduk, maka iron dome inilah yang akan menangkal dan menghancurkan roket ini..

Akan tetapi, roket yang diarahkan di wilayah yang kosong, tidak ada iron domenya, jadi kalo engga berpenduduk, dibiarin aja..

However, sikap Israel yang membombardir wilayah padat penduduk di Palestina menurutku adalah tindakan salah yang sangat fatal.

Apapun alasannya, memang tidak seharusnya Israel menyerang warga sipil. Attacking civilians just doesn’t sound right to me..

Itulah yang membuat dunia mengutuk aksi aksi ini, karena pihak yang seharusnya tidak terlibat malah yang menjadi korban..

Betul kata artis- artis kita beberapa hari ini, issue ini bukanlah issue agama, tapi issue kemanusiaan. Karena nilai kemanusiaanlah yang jelas jelas di ciderai dalam hal ini.

So, guys, ini Cuma suggestion aja, kalo mau cari tau lebih jauh mengenai what’s really happening, jangan hanya  melihat berita dalam negeri yaa.. bisa dijadikan referensi, tapi jangan ditelan mentah mentah, cari juga sumber lain yang reliable..

Dengan banyak referensi, kita pasti bisa menyimpulkan apa yang benar dan apa yang salah..

Well, I hope.. :D

Let’s hope and pray the best for both side..

Salam damaiiiiiii :*
***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar