Total Tayangan Halaman

Jumat, 19 Oktober 2012

17 oktober 2012


I got them little runaway..

I got them little runaway..wuuu,.

Hehehe.. lagi kebayang lirik lagunya suju yang spy, :P

OKE! Hari ini mesti menceritakan hal edukatif yang harus pembaca sekalian ketahui.

Hari minggu kemaren aku pergi ke desa pemuteran, gerokgak, buleleng dalam rangka alsa care.

Disana ada tempat pelestarian terumbu karang, tapi ini bukan terumbu karang biasa, kalo terumbu karang biasa aku udah pernah juga dateng pas SMA..hehe.

Yang bikin beda adalah history dari desa pemuteran ini. ada apa? Kasi tau ga ya.. mauehehehehe..

#mulai sok imut..

Jadi ada seorang bapak, namanya pak gede prana, bisa dibilang beliau ini pahlawan yang bikin desa pemuteran jadi kaya sekarang.

Dulu nih, pas pertama kali bapaknya dateng kesana, desanya itu parah banget deh, engga kerawat. Masyarakatnya pake racun, bom, buat nangkep ikan- ikan di laut. Ngeliat keadaan ini, si bapak jadi prihatin. Akhirnya dengan pendekatan yang sulit, si bapak ini berhasil meyakinkan masyarakat kalo dia akan bantu memperbaiki taraf hidup masyarakat sini dengan cara memperbaiki lingkungan sekitar dulu.

Intinya adalah peran penting dari masyarakat, pemerintah, dan social entrepreneur. Kalo tiga komponen ini engga kompak, sampe kapan pun engga akan ketemu.

Lambat laun mulailah keliatan hasilnya, aku engga pernah kesana sebelum kawasan pantai pemuteran dibangun, tapi pas kesana kemaren, rasanya tuh kaya nemuin peradaban modern di sela- sela bukit..hehe..

Karena asli, aku kaya ada di kawasan yang biasa dipake syuting ftv..muahehehe..

Di sepanjang jalan menuju pantai, ada vila di kanan kiri, bukan vila besar sih, semacem home stay.

Pas masuk, ada gerbang masuk kaya hotel hotel.

Pas lebih masuk lagi, baru deh bener- bener hotel. Kamarnya engga besar dan mewah banget kalo diliat dari luar, tapi kalo liat tempat nongkrongnya, liat tempat makannya, liat dekorasi tempatnya, bahkan liat kolam renang di dalemnya!!! Bisa pilih deh mau renang di kolam apa mau langsung di laut lepas..hehe :P

Aku ngerasa kaya lagi ada di kuta, kuta keduanya bali,,hehehe..

Jadi sempet engga percaya kalo dulu ini wilayah yang dibilang hopeless sama relawan dari luar negeri.

Hey man! Nothing is impossible  if there is someone who wants to fight for it.. ^^

Pencapaian besarnya adalah desa pemuteran ini sempet dapet penghargaan dari UNDP, United Nation Development Program. Jadi kaya organisasi PBB yang khusus concern tentang pembangunan daerah yang dianggap tertinggal.



Mana terumbu karangnya????

Nah jadi yang bikin beda terumbu karang yang udah aku tau adalah dengan konsep bio rock.

Sebelum baby coral ditanam di dalam laut, dibikinin kerangka dulu, kalo kerangka yang kemaren aku liat sih lumayan gede, muat buat masukin temen- temen gue yang kurang ajar itu..hahahahaha :P



Nantinya di bagian luar kerangka itu, bakal dipasangin baby coral.. babynya bener- bener baby banget, alias kecil banget..

Udah gitu di kerangka itu ditambahin juga nama dari si penyumbang baby coral, satu baby coral mahal loh, tapi lupa sih berapa euro.. pokoknya mahal..hehe..

Makanya bener- bener di appreciate banget si penyumbangnya, ada namanya park yoochun gak ya di laut sana? Mauhehehehe..

Gua nyilem dah kalo ada :P

Dengan konsep bio rock, koral tumbuh dengan lebih cepet dibandingin kalo engga pake bio rock.

Dengan dialiri tegangan listrik 12- 15 ampere, bisa membuat coral tumbuh 6x lebih cepet dari biasanya.

Biasanya coral tumbuh 1cm per tahun, ya oloh.. bayangin kalo gue juga gitu.. itung gue lahir panjangnya 4 cm..

Berarti sekarang tinggiku baru 23 cm!!!! ya AMPYUN!!!

Sama penggaris aja gue kalah saing T.T

*abaikan*

Nah makanya ceman- ceman, jangan suka ngerusak terumbu karang ya, karena buat tumbuh segede gitu mereka perlu waktu yang LUAAMAMAMAMAMAMAMAMAMAMAMAMAMMMAAAAAAAAA banget.. jadi jagalah mereka ^^

****

Hari- hari gini enaknya bahas makanan..hehe…

Baru- baru aja aku nyemil makanan jaman SMA dulu.

Jagung manis!!! Hahahaha..

Dulu hampir tiap hari deh gue makan jagung manis buatan kantin..

Tapi kemaren, ngerasain deh gimana puasnya bikin sendiri..

Aku kasiin keju plus susu sebanyak yang aku mau, aaaaaaaaaaaaahhhhhhh!!!



Semuanya gratis..hahahahahaha..

Rasanya ya jangan ditanya, nikmat lah tiada tara..mauehehehehehe..

Emang makanan yang dibikin sendiri itu lebih memuaskan.. :D

Habis makan jagung ini, aku jadi ogah makan yang lain,. Masih eneg..huhu..

Tapi gue engga kan dibiarkan hidup tenang sama bokap nyokap kalo belum makan malem.

Jadi aku harus tetep makan meski engga laper..

Menunya apa?

KODOK!! Hahahahaha..

Kodok itu enak loh, rasanya lebih gurih dari daging ayam..hehe..

Mungkin ada yang geli, ada yang pengin nyoba, ato ada yang udah langganan..



Tenang aja,kodoknya udah dibersihin lah ya, bukan kodok yang lagi nongkrong pinggir kali trus digoreng.

Itu namanya pemaksaan men, segala sesuatu yang dipaksa itu engga baik..mauhehehehe :P


****

Udara lagi panas ya belakangan ini, geraaahhh banget.. akhirnya hari ini gue putusin bawa kipas.

Kipas gue bukanlah kipas biasa, melainkan kipas bertahtakan suju di kipasnya..hahahaha..



Kipas ini berhasil bikin cintya manyun.,,hahahahaha..

My goal accomplished! :P

Dia marah besar gara- gara oppanya dia engga nongkrong di kipas, tauk tuh, lagi dandan kalik kelamaan..wuakakakakaka :P

Kasian, sabar ea kaka..:P

Hei di kesempatan ini aku jadi inget, udah setaun gue nulis blog :’)

Terharu, asal mula aku kenal dunia maya ini adalah lewat gita yah..

Aku pikir dulu kayanya asik ya bisa nulis, mengasah hobi yang udah lama aku tinggalin.

Makin lama, bakat nulisku akhirnya keasah lagi, bukan bakat sih, tapi lebih ke kesenangan.

Kesenangan yang arahnya _kayanya_ positif..hehe..

So, big thanks to gita yah, udah ngenalin gue sama blog..

Thanks buat pembaca setia  yang bikin statistic blogku nambah terus, aku engga tau siapa kalian semua, karena kalo diitung engga sampe 5 orang yang pasti baca blog ku..hehe..

Still,, THANKS! ^^

Aku minta maaf kalo selama setaun kebelakang ada tulisan- tulisan yang mungkin engga layak posting, sori kalo kebanyakan ngomongin orang, habis ngomongin orang itu enak men,,hehehehehe :P

Jeongmal gomawo yo! Keep reading!! ^^
****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar