Total Tayangan Laman

Senin, 12 Agustus 2013

1 AGUSTUS 2013

Liburan- liburan gini paling pas ngisi waktu buat jajan sama bikin makanan..hehe…

Kaya kapan hari sempet ke Carrefour sama ibu, gara- garanya ibuku pengin makan lasagna bikinan Carrefour..

Aku bosen makan lasagna terus #sombong!, jadi aku pilih makanan lain, masih makanan western tapi..

Setelah pilih- pilih akhirnya aku memutuskan buat nyobain ayam saus kacang almond.

Biasanya aku engga suka makanan yang ada kacangnya, kaya terang bulan kacang, cookies kenari, donat kacang.. pokoknya yang macem gitu.

Tapi entah kenapa aku penasaran gimana rasanya kalo almond dijadiin saus.. makanya beli..



Pas nyobain, ternyata rasa almondnya ga terlalu dominan di sausnya,

Yang dominan malah rasa keju.. nice!

Emang ga jodoh gue sama spesies kacang..hehe..

Tapi sayang, rasa ayamnya keasinan.. asinnya pake banget lagi >.<

Merusak cita rasa, itu salah bikin apa emang maksud dibikin asin gitu ya? Hmm..

Tapi kentang yang dijadiin side dishnya enak banget,pas kalo dimakan sama sausnya :D

Ngomong- ngomong aku pengin makan kentang yang disiram saus keju loh..

Ada di wendys Cuma belum keturutan lagi sejak aku makan pertama lagi mungkin pas aku SD..

I know.. lama banget -.-“

Nanti kalo udah makan aku kasi postingan..wkwkwkwk :P

Setelah beli makanan, beberapa minggu belakang ini lagi suka eksperimen..

Biasa, kurang kerjaan.. ditambah lagi sedang bulan Ramadan.

Di tivi tiap sebelum buka puasa banyak banget yang demo masak. Kaya farah Quinn gitu deh..hehe..

Menu yang dibikin sama farah Quinn aku engga tau namanya apa, tapi aku kasi nama sendiri aja ya..

Ini deh namanya “ Fried corned with bread crumps” hehe..

Daging sapi cincang yang digoreng pake tepung roti..wkwkwkwk :P

Caranya gampang, rasanya enak.. itulah prinsipku dalam bereksperimen masak :D

Bahannya:
- 1 kaleng corned beef. Harganya 15 ribu, dalam kaleng, mereknya pronas.
- keju parut cukup sepertiga bagian dari keju 180 gram.
- telur satu biji.
- tepung terigu 1 sendok makan.
- tepung roti.

Cara buatnya, tuangkan setengah bagian corned beef dalam mangkuk. Masukkan telur yang sudah di kocok, tepung yang sudah dicairkan dengan air, sama keju yang udah diparut.

Aduk rata, sampe adonan cukup tercampur dan bisa dibentuk dengan tangan.

Setelah dibentuk dengan tangan, masukkan adonan yang udah dibentuk tadi ke dalam campuran telur  dan tepung terigu, fungsinya supaya bisa lengket ke tepung roti nanti.

Setelah itu baru di bolak- balik di tepung roti sampe rata.

Tunggu 15 menit- 20 menit supaya tepung rotinya nempel dengan sempurna di adonan.

Goreng dengan api kecil, karena tepung roti cepet gosong kalo apinya kebesaran.

Tips menggoreng dengan tepung roti, cukup dibalik sekali aja.. jangan berkali- kali kaya goreng ayam..hehe..

Jadi harus bisa tau kapan waktu yang pas buat balik, kalo warnanya udah coklat keemasan, angkat dan hisap minyaknya pake tisu..

CHA!!! Jadi deh cemilan sorenya!!!



Enak banget >.<

Aku agak menyimpang sih dari resep awal, karena harusnya pake keju mozzarella, yang melt kalo digoreng. Tapi karena keju mozzarella mahal, makanya aku pake keju parut aja,,hehe..

Kalo mau pake keju mozzarella sih mestinya lebih enak lagi.. :D

Kedua, aku masak macaroni saus keju. :9

Cara buatnya agak ribet, wkwkwkwk..

Pertama masak macaroni sampe empuk, jangan lembek tapi, hehe.. sekitar 15 menit di air mendidih.

Tambahin penyedap waktu masak makaroninya supaya lebih gurih :D

Setelah matang, tiriskan macaroni.. ati- ati, macaroni suka lengket,,

Setelah itu buat sausnya..

Masukkan mentega, tepung terigu, susu, dan bumbu kaya merica dan garam ke dalam panci, masak dengan api kecil..

Harus terus diaduk yak, kalo ga gitu nanti menggumpal dan gak kaya saus deh..hehe,,

Oia, susu yang dimasukkan harus sudah dicairkan lebih dulu dengan air kurang lebih 200ml (satu gelas air mineral kemasan).

Kapan selesai masak sausnya? Fungsi proses pemasakan saus ini hanyalah untuk mematangkan tepung terigu.

Kalo dirasa sudah cukup matang, masukin kejunya.. aduk rata sampe serata- ratanya..

Inget dicobain, tambahkan apa yang dirasa perlu..hehe..

Habis itu, masukin macaroninya yang tadi, aduk sampe tercampur rata,,

Ati- ati, makaroninya bisa hancur kalo ngaduknya kekerasan..

Dan, tadaaa!!! Jadilah macaroni saus keju..



Saran:makan pada saat panas, jangan disimpan terlalu lama.. fresh food is the best :D

Kalo mau, tambahin daging asap, tapi kalo aku sih lebih prefer pake sayur daripada daging.. hehe..

Ketiga, sekarang bikin minumnya nih..hehe..

Aku suka sama smoothie, makanya kemarin coba bikin smoothie pisang sama kurma..

Jadi, bahan yang diperluin Cuma yoghurt plain, pisang dua biji, sama kurma empat biji.. no additional sugar..

Lepaskan kurma dari bijinya, potong kecil- kecil..

Pisan juga dikupas, potong dadu..

Habis itu masukin semuanya ke blender, masukin yoghurtnya ke blender. Kalo dirasa kurang encer, tambahin air. Supaya blendernya bisa muter :D

Tunggu beberapa saat, dan JADI DEH!!!



Gampang kan, mata masih ngantuk juga bisa jadi nih smoothie.. lumayan.. minuman sehat di pagi hari..hehe..
****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar