Total Tayangan Halaman

Jumat, 06 Oktober 2017

TRIP TO SINGAPORE : WHAT YOU NEED AND WHAT YOU SHOULD KNOW

HAI!!!! Aku baru aja balik dari Singapore kemarin trus ga sabar pengen ngeblog.. haha..

Aku udah merencanakan trip ini selama satu tahun, and overall it was a perfect trip :D pengen nangis kalo nginget nginget di Singapore kemaren.. hehe..

Aku akan bagi blog tentang Singapore ini ke beberapa bagian supaya lebih fokus tentang apa yang mau aku bahas. Biar pada ga pening bacanya.. wkwk..

Di blog ini aku akan share mengenai persiapan apa aja yang aku lakukan dan share apa aja kebutuhan penting selama di Singapore berdasarkan pengalamanku selama 3 hari disana.

Short right? Tapi membekas, cieeehhh… wkwkwk..

****

Awalnya aku berencana pake travel, tapi karena temennya ibuku nawarin buat nganterin ke singapur. Jadilah aku engga pake travel ke singapur.

Sampai seminggu sebelum keberangkatan, detail penerbangan dan tempat nginep belum juga aku dapet, wkwk.. bayangin gimana tegangnya gue..

Belum lagi Gunung agung statusnya awas mulai tanggal 22 sept, which is 11 hari menjelang keberangkatan. Somehow aku bersyukur sih tiket pesawat ga dipesen jauh jauh hari.

Karena kuatir terjadi apa apa, akhirnya aku memutuskan terbang ke Singapore dari Surabaya. Jadi aku ke Surabaya tanggal 2 trus flight jam 1.20 siang pake jetstar.



Sampai di bandara changi, kita ( aku dan ibuku ) turun ke bagian imigrasi. Nothing to worry about. Cukup siapkan paspor dan form embarkasi ( bisa di minta ke kru pesawat saat di atas ). Si bapak imigrasi Cuma nanya berapa lama di singapore and then you may leave.

Setelah keluar dan ambil bagasi, aku sama ibuku cari tempat buat beli nomor Singapore buat paket internet. Biar eksis cyiiiinn… wkwkwk..

Dan juga, karena si tante temen ibuku bilang ga bisa ikut, so kita resmi jadi bolang di Singapore.. wkwk..

Klarifikasi : aku ga marah kok sama si tante, ibuku sudah ke singapur dua bulan sebelum aku pergi ke Singapore dan beliau bilang kalo si tante ga ikut, ibuku juga ga masalah.. hehe..

Lanjut, kemarin akhirnya aku beli nomor seharga 15 SGD. Dengan harga segitu kita dapat paket data sebesar 5 GB untuk 5 hari which is all I need for life.. wkwkwk..

Si mas money changer bantuin aku sampe aku bisa pake nomorku di Singapore dan memastikan sampai internet sudah bisa aktif digunakan.



Jadi, engga usa beli paket di Indonesia lah, beli aja nomor disana, udah pasti bisa dipake.. hehe.

****

Setelah itu, kita cari taksi di bandara. Mereka rapi banget sama taksi. Jadi aku cukup antri untuk nunggu taksi. Taksi yang akan nyamperin kita dengan tertib dan akan ada petugas bandara yang mengarahkan kita untuk naik taksi yang mana.

Dan jangan jalan kaya putri solo ya gess, karena taksinya ga boleh berenti lama lama disana. Karena di belakangnya ada taksi lain yang harus jemput penumpang.

Aku tinggal di hotel V di jalan Bencoolen ( Bencoolen St ). Biaya dari airport Changi ke hotelku adalah 19 SGD.




Sampai di hotel, aku cukup menunjukkan paspor trus pihak hotel akan konfirmasi bookinganku. FYI, tante temen ibuku adalah yang arrange semua mulai dari Flight sampai hotel. Jadi saat aku datang ke hotel, bookinganku statusnya sudah dibayar lunas.

Waktu itu si tante pesen lewat agoda. Com.

Harga kamar hotelku 2 juta rupiah semalem, anjir mahal.. aku agak shock, Cuma karena masih on budget, aku pun ikhlas.. wkwk..


Kata orang, harga hotel di Singapore memang mahal, apalagi hotel tempatku ini memang lokasinya strategis banget. Kemana mana gampang, nyari makan gampang.

Mau jalan kaki bisa, naik bis halte banyak, mau naik MRT tinggal jalan dikit sambil liat liat.. easy weezy.. dan 2 juta itu include breakfast. Tapi kalo menurut kalian masih ga masuk akal harganya, then don’t stay there.. hehe.

Kamarnya I would say, sempit untuk ukuran 2 juta semalem.



Man, kalo kamu bayar 2 juta untuk hotel di bali, you can stay in Mercure hotel yang kamarnya jelas lebih luas daripada kamar di V hotel. I am not complaining, Cuma mau ngasi perbandingan aja.. hehe.

****

Setelah istirahat sebentar, sekitar jam 6.30 sore kita langsung ngemall.. wkwk..

FYI aku bawa dua tas ke Singapore diluar koper. Satu tas ransel buat di bandara, satu lagi clutch yang lebih kecil tapi handy.

Dengan bawa clutch, kalian bisa keliatan ketjeh.. selain itu menurutku kalo bawa tas yang lebih kecil, itu lebih praktis ketimbang bawa ransel kemana – mana. Kalo bawa ransel, mau ambil dompet ngambilnya susah, sedangkan kalo bawa clutch kan gampang ambil dompetnya, dan lebih gampang ngawasinnya biar orang ga bisa macem macem.. hehe.

Dalam clutch yang aku bawa, isinya adalah dompet yang cukup untuk masukin semua SGD ku dan kartu buat naik kendaraan umum, trus hape dan paspor asli. Udah itu aja.. simpel aja kalo mau jalan jalan keliling kota. Ga usa banyak bawa barang yang ga perlu, nanti bisa kelupaan dan bikin berat tas.. hehe.

Waktu itu aku sama ibuku menuju mall yang namanya Bugis + ( baca : bugis plus ). Sebelum berangkat ke Singapore, aku uda research di bugis plus ada apa aja. Ada beberapa tenant yang aku pengen banget datengin, that’s why I’m super excited buat langsung cuss ke sana. Mandi aja belum padahal.. wkwk..

Tips : pakailah alas kaki yang super amat nyaman. Selama 3 hari disana, aku pake sandal jepit dan rasanya super duper nyaman. Kita ga menyiksa kaki sendiri dan bisa maksimal menikmati apa yang bisa dinikmati.

Dan berjaga jagalah bawa payung ya gess.. payung ini berguna baik saat panas maupun hujan. Aku sih anaknya ga mau gosong ya, jadi kalo panas harus pake payung.. wkwk.

Terbukti waktu dalam perjalanan ke Bugis plus, hujan turun rintik rintik dan satu payung kurang.. hehe..

Akhirnya beli dulu payung di 7 eleven ( kaya indomaret, alfamart, dan sodara sodaranya ) seharga 5 SGD.

di dalem, aku langsung ketemu Sephora.. man, im beyond happy. This is why I come to Singapore!!! Wkwk..

aku mau beli lipstick Sephora yang lip stain karena kata para vlogger, seri yang itu bagus. Aku mau beli shade yang nomor 25 tapi katanya stock lagi habis.

Aku nangis.. wkwkwk..

Harga lip creamnya Sephora ini 19 SGD. Kalo di Bali sih kayanya sekitar 260 ribu… sayang banget kan aku ga bisa beli di sana.. huhu..

Habis capek keliling, akhirnya aku makan di Subway..



Oh gosh, I’ve been dreaming of eating Subway since 5 years ago waktu aku sempet ke Perth waktu SMA kemaren.

Dan akhirnya si Sngapore aku kesampean juga makan Subway.

Yang aku pesen ini namanya club sandwich.

Harganya memang agak mahal, 7 SGD untuk satu sandwich. Ga dapet kentang, ga dapet minum.

FYI, subway ini kaya MCD, burger King, dan kawan kawannya. Cuma belum ada gerainya di Indonesia.

Di Subway kamu bebas memilih mau roti yang model apa. Kalo ga salah inget, ada 4 jenis roti yang bisa kamu pilih. Kalo aku sih dua kali beli selalu pilih yang ada Honey nya.

Untuk isian sayurnya juga kamu bisa pilih. Pilihan sayurnya ada tomat, mentimun, bawang merah, paprika, selada, dan lain lain yang aku lupa.. hehe..

Next step, pilih sausmu.

Subway pertamaku adalah dengan saus BBQ yang rasanya enak banget bikin merem melek.. wkwk..

Sausnya juga macem macem, kalo ga salah ada 6 – 8 pilihan. Kalo kalian mau pilih 2 -3 saus di sandwich kalian juga boleh kok. Cuma aku ga suka campur campur, takut ga enak trus aku ngomel sendiri.. wkwk..

***

Besokannya, pagi aku aku sarapan di hotel. Nothing special, Cuma ada bapak yang baik banget mau ngasih tau aku sama ibu tips tips naik kendaraan umum di Singapore. Makasi bapak, mudah mudahan kita bisa berjumpa lagi.. hehe.

Habis sarapan, aku dan ibuku ke 7 eleven deket hotel untuk beli credit buat naik bis sama MRT.

Ibuku dapet kartu dari ibu ibu TKW yang ketemu di bandara. Jadi ibuku tinggal TOP UP dan aku harus beli dari awal.



Untuk pembelian kartu dan creditnya, aku harus bayar 20 SGD. Itu include 15 SGD card value.

Jujur aku dan ibuku bener bener ga tau apa apa mengenai dunia per bis-an di Singapore. Tapi untungnya, semuanya sangat tourist friendly.

Kalo kamu mau naik kendaraan umum selama di Singapore, do not worry!!! Semuanya ada petunjuknya.

Modalnya hanya bisa baca dan jangan malu bertanya.. hehe..

Di tiap halte bus, akan ada papan seperti ini :



Angka angka di papannya menunjukan nomor nomor bus yang akan berhenti di halte itu. Di tiap bus, bagian depan dan belakangnya ada tulisan busnya. Jadi jangan kuatir akan salah bis kecuali kalian salah fokus.. wkwk..

Contoh, waktu aku mau ke Universal Studios, aku harus naik bis nomor 65. Darimana aku tau harus naik bis 65? Nanya bos, google ga ngasi tau se detail itu soalnya...

Setelah tau mau naik bis nomor berapa, tunggulah di Bis yang di papannya ada angka 65 nya. Jangan nunggu di halte yang ga ada angka 65 nya karena bis ga akan berenti disana.

Sambil nunggu bis, siapkan kartu kalian karena kalian harus tap kartu itu saat naik dan sebelum turun. Kalo enggak nge tap saat turun, katanya sih kalian akan dikenakan maksimum fare saat naik bis selanjutnya.. nah loh.. makanya jangan nakal.. hehe..

Kalo aku sama ibuku, sambil nunggu bis 65 datang, aku merhatiin gimana cara orang nge tap kartunya. Jadi nanti pas bis kita dateng, ga kampung kampung banget.. wkwk…

Setelah di dalam bis, aku ambil brosur bis yang ada tulisan 65 nya. Ternyata isinya adalah halte mana aja yang akan di hampiri oleh bis 65. Jadi kita tinggal pilih mau turun di halte yang mana.

Jangan ngelamun ya, nanti haltenya kelewatan.. hehe..

Di layar tap kartu, juga akan keliatan kok bis sedang berhenti di halte yang mana. Jadi kita bisa nyocokin dengan peta yang kita pegang..

Tap kartunya di bagian bawah yang ada logonya..


Saat mendekati halte yang kita tuju, kalau mau, kita boleh tekan tombol stop yang ada di dekat pintu keluar, ada juga bis yang menyediakan tombol stop di tiap tempat duduk penumpang.

Fungsinya tekan tombol stop hanya untuk memberitahu sopir bahwa ada yang akan turun di halte berikutnya. Jadi si bapak / ibu sopir bisa lebih siap berhenti.

Darimana kita tau credit kita tinggal berapa?

Saat turun, perhatikan berapa sisa credit kita. Keterangannya tertera di layar tap kartu. :D

Just in case kalian ga sadar credit kalian sudah habis, katanya sih bisa juga pake uang coin. Tapi aku sih ga ngalamin, kreditku masih sisa 6 SGD sampe pulang padahal udah melanglang buana sampe USS.. wkwk..

Karena aku ga pinter berhitung, jadi aku lupa persisnya berapa biaya untuk naik bis. Tapi kisarannya 1 – 3 SGD tergantung kita mau kemana. Bandingkan sama naik taksi yang tarifnya bisa berlipat ganda gess.. mending duitnya buat makan.. wkwk..

Itulah kenapa kita harus tap saat naik dan turun bis, jadi kartu akan ngasi tau kita berapa tarif dari tempat asal ke tempat tujuan.

****

Next adalah tentang MRT.

MRT adalah akronim dari Mass Rapid Transportation. Yang lagi dibuat di jekartaaahhhh.. hehe..

MRT kayanya transportasi favorit penduduk singapore, karena harganya yang lebih murah dari bis.

Bis aja buatku uda murah, nah ini lebih murah lagi.. wkwk.. kalo ga salah, MRT Cuma 1 SGD jauh dekat. Tapi aku kemarin ga jauh jauh sih yang naik MRT.

Gimana caranya naik MRT?

First, kalian bisa pake kartu yang sama dengan yang untuk naik BIS. 1 card for every need, aseek.. wkwk..

Aku waktu itu naik MRT dari USS menuju hotel. Trip ke USS kan aku bahas di blog lain ya.

Sama seperti bus, MRT juga punya jalurnya masing masing. Jadi kalo ga mau buang buang credit dan tenaga, bacalah petunjuk yang ada supaya ga salah naik kereta.

Untuk MRT ada 6 jalur kereta yang dibedakan dengan warna.

Warna ungu : North east line

Warna biru : down town line.
Warna merah : north south line.

Warna hijau : east west line.

Warna kuning : circle line

Warna coklat : Thomson east line.



Jadi kalian tinggal menyesuaikan dengan tempat tinggal kalian dan mau kemana untuk mendapatkan MRT yang tepat..

Tenang, peta MRT ada dimana mana. Sepengalamanku, lebih banyak peta MRT dibanding bis.. hehe.

Contoh : waktu dari USS menuju hotel, ga ada MRT yang direct ke V hotel Bencoolen. So what I did was take a North East Line ( warna ungu ) MRT yang turun di Little india. Lalu di stasiun Little india, aku ganti kereta jalur biru ( down town line ) dan turun di Bugis. Setelah di bugis, bisa jalan kaki untuk sampai do hotel.

Darimana aku tau harus ganti kereta?

Again, nanya aja bos.. wkwk.. kalo kalian pinter baca peta, kalian pasti tau kalo harus ganti kereta. Karena sesugguhnya peta dibuat supaya kita ga usah banyak Tanya sama orang sono.. wkwk..

Kapan kita nge tap kalo mau naik MRT?

Beda dengan bis dimana kita harus nge tap saat kita di dalam bis, jika naik MRT sebelum ketemu lobby kereta, kita akan lewat loket yang hanya bisa terbuka kalo kita sudah ngetap kartu kita.

Di monitornya juga akan ada keterangan tentang sisa credit kita berapa.

Jika kasusnya seperti aku dimana aku harus ganti kereta, maka kita hanya nge tap sebelum naik kereta dan setelah kita sampai di tujuan akhir. kita enggak perlu nge tap saat pergantian kereta.

Contoh : aku nge tap saat di stasiunnya Vivo city, saat sampai di stasiun Little india aku engga nge tap karena harus ganti kereta. Aku harus nge tap saat sampai di stasiun bugis. :D

****
Tibalah saat untuk pulang.

Untuk ke bandara, aku pake taksi karena ga mau buru buru..

Biaya dari hotel ke Changi adalah 24 SGD.

FYI : di sigapore ada peak hours untuk naik taksi. Antara jam 6 pagi sampe 9.30 pagi dan sore jam 6 smp jam 8 malem. Itu kenapa harga dari hotel ke change lebih mahal, karena aku berangkat dari hotel jam 9.30 pagi.

silahkan minta bantuan hotel untuk pesankan taksi, pengalaman kemarin, 2 menit duduk dan taksi uda datang.

Infokan pesawat apa yang akan kita pakai untuk pulang supaya kita di turunkan di gerbang yang benar. Di tiap gerbang akan ada lambing maskapai yang kita pakai.

Sampai di Lobby air asia, ternyata aku harus check in sendiri.. my gosh, padahal aku gaptek tingkat dewa.

Maunya sih engga check in sendiri, aku pikir bisa pilih untuk antri check in di counter tapi ternyata tak bisa.. wkwk..

Kayanya sih hanya air asia yang memberlakukan self check in, kapan hari ibuku pake KLM ga self check in kok.

Mesin self check in ada banyak, mungkin 10 mesin dan ada staff yang siap membantu jika diperlukan. Tenang, ga usah nangis.. wkwk..

Tampilannya seperti ini:



Kita klik tulisan Air asia, lalu pilih bahasanya. Aku pilih bahasa Indonesia karena takut salah kalo sok pake bahasa inggris.. hehe.

Setelah klik bahasa Indonesia, akan muncul pilihan apa kita mau check in atau print ulang boarding pass.



Aku pilih check in lalu akan diminta untuk memasukkan kode bookingnya.

Setelah masukkan kode booking, akan muncul passenger detail. Pastikan yang muncul dilayar adalah nama masing masing ya.

Kalo sudah benar, klik konfirmasi.

Setelah itu kita akan diminta untuk scan paspor masing masing. Letakkan paspor dengan posisi foto ada di bawah, kalo kebalik nanti data kita tidak terbaca. Gapapa sih kalo salah, pelan pelan aja, take your time. Kalo kebalik ya tinggal di balik lagi kea rah yang benar.. hehe.

Setelah itu kita akan ditanya apa ada bagasi. Kalo ada, klik berapa jumlahnya. Kemarin jumlah bagasiku hanya 1.

Udah deh, proses check in selesai.

Jangan buru buru ditinggal ya, karena kita akan dapat boarding pass dan tag bagasi ( kalo ada bagasi ).

Setelah dapat boarding pass dan tag bagasi, waktunya untuk meletakkan bagasi kita. Again, itu juga self dropping..

Caranya, scan paspor yang namanya digunakan saat pembelian bagasi.

Contoh : di itinerary, yang dibelikan bagasi adalah ibuku.  Maka pada saat mau taruh bagasi, paspor yang di scan adalah paspor milik ibuku. Bukan punyaku..

Tunggu sampai di monitor muncul tulisan : “ your baggage is already checked in”. kita akan dapat print out nya yang berguna untuk klaim bagasi kalau seandainya bagasi kita ga ada di conveyor belt. Tapi kalo bagasi kita uda muncul di conveyor belt, buang aja print outnya.. wkwk..

Jangan lupa menyerahkan dokumen kepabeanan kalau ada ya.

Bea cukai Indonesia hanya membebaskan pajak untuk barang belanjaan yang jumlahnya maksimal 250 USD (USD ya , BUKAN SGD ). Jika barang belanjaan kita lebih dari 250 SGD maka di harapkan untuk melaporkan diri,

Kemarin belanjaanku ga sampe 250 SGD. Jadi aku langsung melenggang pulang setelah lewat dari mas mas imigrasi Indonesia.

Jika ada barang yang harus dilaporkan, silahkan menuju jalur merah setelah dari imigrasi. Jika tidak, maka silahkan menuju jalur hijau setelah dari imigrasi. Jalur merah dan hijau akan ada petunjuknya. Jadi silahkan di ikuti aja petunjuknya..

Meski memilih ke jalur hijau, Form kepabeanan tetap perlu di isi dan di serahkan ya, cukup satu form untuk satu keluarga..

Semoga membantu, and have a pleasant trip!! ^^
****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar